Ukuran Pusat dan Penyebaran

Untuk setiap kelompok angka, yang akan kita sebut kumpulan data, ada dua sifat kelompok yang diperlukan untuk memahami bagaimana meringkasnya dengan cara yang berarti. Yang pertama dari dua sifat adalah ukuran pusat. Yang terbaik adalah memikirkan ukuran pusat sebagai metode untuk menentukan angka yang paling mewakili kumpulan data sebagai suatu kelompok.

Metode yang dikenal kebanyakan orang adalah Mean. Metode untuk menentukan Mean adalah menambahkan semua nilai dari kumpulan data dan kemudian membagi jumlah dengan jumlah nilai di dalamnya.

Metode lain untuk mewakili ukuran pusat, disebut median. Metode untuk menentukan Median adalah terlebih dahulu mengatur kumpulan data ke dalam urutan menaik atau menurun. Angka, yang memiliki banyak nilai lebih besar dari nilainya karena memiliki nilai lebih kecil, adalah Median.

Metode ketiga untuk menentukan ukuran pusat disebut mode. Ini hanyalah nilai dalam dataset yang paling sering terjadi.

Distribusi Normal adalah salah satu yang sangat simetris tentang Mean. Artinya, nilai-nilai kumpulan data didistribusikan sedemikian rupa sehingga Mean memiliki nilai yang lebih kecil dari dirinya sendiri, karena lebih besar dari dirinya. Itu juga akan menjadi nilai yang paling sering terjadi. Dalam Distribusi Normal, ketiga metode ini, Mean, Median, dan mode, semua akan menghasilkan nilai yang sama.

Ukuran spread adalah Standar Deviasi. Nilai Mean digunakan dalam menentukan nilai Standar Deviasi. Ini memperhitungkan perbedaan masing-masing nilai dengan Mean. Yaitu, penyimpangan dari masing-masing nilai dengan Mean.

Apa yang membuatnya a Standar Penyimpangan adalah kenyataan bahwa setiap perbedaan dengan Mean adalah kuadrat, untuk menjadikannya angka positif. Jumlah dari semua perbedaan kuadrat ini kemudian dibagi dengan jumlah nilai. Akar kuadrat dari nomor ini kemudian diambil. Hasil ini adalah Standar Deviasi. Ini dapat dianggap sebagai jarak rata-rata setiap nilai dari Mean.

Dua nilai inilah yang paling penting dalam membahas kumpulan data. Mereka memberi tahu kita di mana pusatnya dan bagaimana data tersebar dari Mean. Nilai kecil untuk Standar Deviasi menunjukkan bahwa nilai-nilai kumpulan data kurang jauh dari Mean maka mereka akan menjadi jika Standar Deviasi lebih besar.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *